Pentingnya melakukan Transformasi & Inovasi Digital untuk Menjaga Keberlangsungan Perusahaan

Transformasi dan inovasi digital dibutuhkan untuk dapat bersaing di era industri 4.0, salah satu hal utama adalah bagaimana meningkatkan efisiensi recruitment karyawan ke dalam suatu perusahaan. Banyak perusahaan memiliki berbagai cara untuk melakukan proses rekrutmen secara masif dari departemen Sumber Daya Manusia (SDM), tetapi sulit mendapatkan orang yang tepat dikarenakan beberapa alasan termasuk asesmen pegawai untuk mengukur potensi dan kompetensi mereka. Dilansir dari Harvard Business Review, penelitian menunjukkan 76% perusahaan dengan lebih dari 100 pegawai menggunakan tes psikologi untuk external hiring. Pada saat COVID-19, banyak perusahaan yang mulai mengalami kesulitan untuk merekrut calon pegawai dikarenakan social distancing dan protokol kesehatan sehingga mereka beralih ke sistem daring dan menggunakan psikotes online.

Semakin bertambahnya waktu, banyak yang menggunakan istilah transformasi digital dalam suatu perusahaan. Dalam dunia bisnis, transformasi digital adalah integrasi teknologi digital ke dalam semua aspek bagian dari bisnis. Menurut Bill Schmarzo (2011), adanya transformasi digital dapat meningkatkan efisiensi, memperdalam nilai dan melahirkan inovasi-inovasi baru. Selain itu, transformasi digital juga dibutuhkan dalam keberlangsungan bisnis perusahaan karena:

  1. Mampu beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen
  2. Meningkatkan kepuasan konsumen
  3. Lebih menghemat waktu dan biaya
  4. Upaya yang efektif dan efisien
  5. Mengurangi risiko kecurangan internal
  6. Meningkatkan nilai saing dan profit

Jika kita mengetahui makna dari transformasi dan inovasi secara baik, departemen SDM dapat dengan mudah menemukan orang yang tepat untuk bergabung ke dalam perusahaan. Untuk mendukung transformasi digital dan inovasi yang lebih baik, mempercepat proses recruitment dan menemukan kandidat yang tepat, perusahaan dapat mengadopsi teknologi online assessment, salah satunya adalah teknologi online assessment dari Talentlytica.

Talentlytica menyediakan berbagai solusi yang efektif dan efisien dalam menyediakan online assessment di proses rekrutmen untuk mempermudah mendapatkan kandidat yang tepat dalam waktu yang singkat. Perusahaan dapat memanfaatkan online assessment untuk mengetahui calon pegawainya melalui psikotes online dan tes kompetensi. Hal ini menguntungkan tim HRD untuk melakukan proses rekrutmen dimana psikotes online bisa memangkas waktu yang dibutuhkan dan keamanannya terjamin. Hasilnya pun bisa didapatkan lebih cepat bahkan lebih instan.

Sedangkan penilaian kompetensi calon pegawai diterapkan dengan tujuan untuk mengukur sejauh mana kompetisi yang dimiliki karyawan dengan keinginan perusahaan menggunakan metode assessment center. Metode ini memiliki tujuan untuk melakukan penilaian tingkat keterampilan, kemampuan dan pengetahuan seorang karyawan berdasarkan perkembangan teknologi dan kebutuhan sekarang, Talentlytica memberikan inovasi terbaru dalam penerapan assessment center dengan menerapkan transformasi digital yaitu Virtual and Integrated Assessment (VANIA) dan Talentlytica Online Psychotest (PERSONA). 


VANIA merupakan sebuah platform teknologi terintegrasi yang dapat mendukung proses pelaksanaan tes kompetensi maupun assessment center secara online dengan menggunakan best practice assessment yang didukung oleh implementasi teknologi masa kini. Keuntungan dari platform ini ialah dapat menjadi tolak ukur bagi user atau tim HR dalam proses asesmen pegawai apakah mereka sesuai dengan pekerjaan yang ditawarkan atau tidak. Selain itu, Platform ini memiliki banyak keuntungan antara lain:

  1. Memberikan laporan asesmen melalui link atau kode QR yang bisa menampilkan video kandidat untuk mempermudah tim HR untuk memeriksa hasil keseluruhan
  2. Menjalankan semua simulasi seperti in-tray/in-basket, case study, presentation, roleplay, LGD/FGD dan interview online dalam satu platform
  3. Menyimpan semua data termasuk pekerjaan kandidat, jawaban kandidat, rekaman interaksi sampai dengan bukti verbatim

Sedangkan PERSONA, dapat digunakan untuk mengukur potensi kandidat secara objektif baik dari segi intelegensi, sikap kerja maupun kepribadian. Platform ini terbagi menjadi beberapa hasil laporan assessment diantaranya:

  1. Laporan Psikograph Realtime
  2. Indeks Kompabilitas Pekerjaan
  3. Fitur Proctoring untuk menjaga kecurangan

Dengan menggunakan dua program online assessment ini dapat membantu tim HR dari berbagai perusahaan untuk meningkatkan efektivitas dan produktivitas timm HR dalam memilih calon pegawai dan melakukan assessment internal perusahaan. Talentlytica memberikan inovasi terbaru dalam mendukung transformasi digital untuk mengembangkan teknologi di Indonesia, serta membantu perusahaan mendapatkan talent terbaik dan meningkatkan produktivitas kerja karyawan.

Baca juga: Pahami Karakter Rekan Kerja: Turunkan Turnover & Membangun Budaya Kerja Sehat di Perusahaan Anda

Download PDF Article

Continue Reading

Hindari subjektifitas saat rekrutmen

Ketahui potensi kandidat Anda dengan baik.
wanita sedang duduk dan melihat handphone