Peran Penting Data dan Analytics dalam Talent Management

Meningkatnya pergantian karyawan (turnover), berkurangnya produktivitas, dan rendahnya motivasi kerja karyawan dapat terjadi apabila Departemen SDM tidak melakukan proses Talent Management dengan tepat. 

Ketika proses Talent Management kurang efektif, perusahaan tidak mampu memenuhi kebutuhan dan harapan karyawan, atau tidak memberikan pengembangan karier yang cukup. Hal ini dapat menyebabkan tingkat turnover yang tinggi.

Memahami permasalah tersebut, pengembang platform assessment online, Talentlytica, bekerjasama dengan komunitas Organization Development Indonesia (OD.ID) untuk menggelar workshop bertajuk "Strategic Talent Management: Unravel Talent within Data and Analytics" pada 20 dan 25 September 2023 di Jakarta.

Bersama dengan (OD.ID), Talentlytica menjelaskan pentingnya Talent Management yang efektif dapat menjadi solusi untuk mengatasi berbagai permasalahan yang mungkin terjadi di seluruh lapisan karyawan. 

Melalui Talent Management yang efektif, perusahaan dapat mengidentifikasi talent di perusahaan, memberikan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan karyawan, hingga mengetahui jenjang karir yang cocok untuk karyawan..

Untuk berhasil dalam mengelola Talent Management, penggunaan Data & Analytics memainkan peran yang sangat penting. Hal ini karena data yang dibutuhkan akan lebih dari sekadar historikal pekerjaan atau latar belakang pendidikan. Baik data tentang personality, potensi, kompetensi, hingga performa kerja menjadi data yang sangat berharga dalam mengambil keputusan tentang Talent Management di perusahaan.

Sebanyak 43 perusahaan telah mengikuti workshop ini. Melalui studi kasus dan analisis peran Data dan Analitik dalam proses Talent Management, acara ini telah sukses membantu para praktisi HR dalam mengatasi tantangan Talent Management di perusahaan mereka. 


Salah satu peserta dan seorang Organization Development di sebuah perusahaan Logistik, Soraya Faradilla M berbagi pengalamannya. 

"Acara hari ini, kalo istilah HR itu, daging banget. Materi sangat bagus untuk semua HR, khususnya karena saya bergerak dibidang OD, memang ini materinya OD banget dan saya rasa insightful bisa langsung diterapkan ditempat kerja saya,” ujarnya, Rabu (20/09/2023). 

“Kita diajarkan bagaimana untuk melihat dan membaca data, serta bisa menceritakannya kepada pihak-pihak yang berkepentingan terkait data. Sehingga jika kita punya program, itu bisa membantu menjadi bahan pertimbangan sebagai keputusan apakah program tersebut bisa dijalankan atau tidak,” imbuhnya. 

Sementara itu, Ketua OD.ID Erdo Deshiant Garnaby juga menyampaikan workshop yang diadakan Talentlytica ini sangat bagus dalam meningkatkan strategi Talent Management. 

“Event ini sangat bagus untuk benchmarking satu sama lain para praktisi TM di organisasi masing-masing. Semoga dari event ini bisa cukup untuk menginspirasi dalam meningkatkan strategi Talent Management masing-masing dan dari jejaring yang terbentuk bisa berkolaborasi lagi di lain kesempatan,” ujarnya. 

Talentlytica sebagai pelopor inovasi teknologi digital HR di Indonesia akan terus berkomitmen dalam meningkatkan pengetahuan dan skill praktisi HR untuk menemukan talent di perusahaan. Dengan berbagi ilmu, pengalaman, dan teknologi terkini di dunia HR, diharapkan praktisi HR dalam memberikan dampak yang besar dalam pertumbuhan ekonomi dan profesionalitas SDM di Indonesia.

Download PDF Article

Continue Reading

Hindari subjektifitas saat rekrutmen

Ketahui potensi kandidat Anda dengan baik.
wanita sedang duduk dan melihat handphone