Mengenal Apa itu Talent Management?

Apa itu Talent Management?

Talent management adalah proses perencanaan dan pengelolaan sumber daya manusia dengan tujuan mengidentifikasi, mengembangkan, dan mempertahankan individu-individu yang memiliki keterampilan dan potensi untuk mencapai kesuksesan perusahaan. 

Talent management mencakup semua cara yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengelola karyawan dari menjaga kenyamanan di lingkungan kerja, produktivitas karyawan, hingga membantu karyawan untuk terus mengembangkan keterampilan mereka seiring berjalannya waktu.

Menurut Capelli “Talent management berkaitan dengan mencari orang yang tepat dengan keterampilan yang tepat untuk posisi yang tepat.”

Tujuannya adalah untuk menciptakan tim kerja yang kompeten, terampil, dan bermotivasi tinggi sehingga dapat memberikan kontribusi maksimal bagi kesuksesan perusahaan untuk mencapai tujuan bisnis yang lebih baik.


Talent management dirancang untuk mencapai tujuan jangka panjang perusahaan dengan fokus pada pengelolaan dan pengembangan potensi karyawan. Pendekatan ini menempatkan karyawan sebagai aset berharga dan berperan penting dalam menciptakan budaya perusahaan yang berorientasi pada pengembangan dan pencapaian tujuan bersama.

Pendekatan ini telah menjadi fokus utama perusahaan modern dalam menghadapi tantangan persaingan bisnis yang semakin kompleks dan dinamis. Dengan mengelola potensi karyawan dengan tepat, perusahaan dapat terus unggul di pasar yang kompetitif.

Cari tahu juga Seberapa Penting Sih Talent Management untuk Perusahaan?

Download PDF Article

Continue Reading

Hindari subjektifitas saat rekrutmen

Ketahui potensi kandidat Anda dengan baik.
wanita sedang duduk dan melihat handphone