Human Resources
Nov 11, 2020

HR di Era Digital: Harus Inovatif, Efisien dan Efektif.

Di era industri 4.0 saat ini, Departemen HR menjadi ujung tombak perusahaan dalam mencari, mendapatkan dan membina SDM. Mereka harus mampu menemukan cara-cara baru yang inovatif untuk mendapatkan kandidat terbaik, sesuai dengan kualifikasi perusahaan. Jika kita ingin mendapatkan kandidat yang tepat dengan cepat, jika kita masih bergelut dengan cara konvensional, kita akan jauh tertinggal ketika menghadapi tantangan industri 4.0 yang semakin agile dan kompetitif ini.

Tidak dapat kita pungkiri, karena saat ini kita berada dalam pusaran digitalisasi global. Mau tidak mau dan siap tidak siap, Perusahaan harus menyelaraskan pekerjaan sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman.

Cara-cara baru yang digunakan Departemen HR dalam proses rekrutmen nantinya akan memberikan banyak kemudahan dan keuntungan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menghilangkan pekerjaan yang bersifat administratif, rutinitas & repetisi untuk menyederhanakan tugas.

2. Menghemat biaya (paper & pencil, operasional, biaya sewa tempat test saat offline, dll).

3. Proses seleksi lebih fokus kepada kandidat yang memenuhi kualifikasi.

4. Mempercepat proses rekrutmen.

5. Melakukan test sekaligus dalam jumlah banyak dengan mudah.

6. Memiliki informasi profil kandidat di awal secara ringkas dan komprehensif (proses wawancara dilakukan tidak dari nol).

 

Dengan beberapa poin keuntungan di atas (khususnya untuk Departemen HR), sudah jelas cara-cara inovatif ini akan mempercepat proses pekerjaan HR. Selain itu, perusahaan juga dapat menghemat waktu, tenaga dan biaya dalam proses rekrutmen, sehingga proses rekrutmen menjadi jauh lebih efektif, efisien dengan persentase akurasi hasil yang tinggi.

 

Cara baru dalam proses asesmen dan rekrutmen ini bukan hanya menguntungkan perusahaan, tapi juga menguntungkan para kandidat, karena dapat melakukan psikotes secara online dari mana saja dan kapan saja (asal terkoneksi dengan internet). Itu artinya cara baru ini juga dapat menghemat waktu, tenaga dan biaya bagi para pencari kerja.

Cara baru asesmen dan psikotes online itu kini sudah tersedia.

Talentlytica hadir memberikan solusi cerdas, inovatif dan terobosan baru pada proses rekrutmen perusahaan agar lebih mudah dan lebih cepat dalam mendapatkan kandidat terbaik dengan tepat, cepat dan akurat. Platform Online Assessment Talentlytica hadir dengan fitur lengkap dan laporan yang lebih komprehensif berdasarkan data dan analisis. Platform kami selalu dilakukan uji validitas dan reliabilitas oleh tim Talent Scientist yang ahli di bidangnya.

Continue reading