Recruitment
5 min read

Rekrutmen Eksternal vs. Internal:
Mana yang Lebih Baik untuk Bisnis Anda?

Sejak gelombang restrukturisasi pada awal 1980-an, mencari bakat berpengalaman dari luar relatif lebih mudah. Tren perekrutan dari promosi internal bergeser menjadi perekrutan dari eksternal perusahaan.  Namun, hal ini masih menjadi kekhawatiran nomor satu CEO.
Written by
Talentlytica Collaborator
Published on
May 2023

Dari akhir Perang Dunia II hingga tahun 1970-an, 90% posisi kosong di perusahaan di isi melalui promosi dan penugasan karyawan pada departemen lain dalam satu organisasi (penugasan lateral). Sedangkan saat ini, angkanya kurang dari 30%.Survei dari Linkedin menunjukkan hanya 28% pemimpin talent acquisition yang menganggap kandidat internal sebagai sumber penting untuk mengisi kekosongan posisi. Mengapa?

Sejak gelombang restrukturisasi pada awal 1980-an, mencari bakat berpengalaman dari luar relatif lebih mudah. Menurut survei dari Society for Human Resource Management (SHRM), 71% responden mengatakan bahwa merekrut karyawan eksternal lebih efektif untuk mengisi kekosongan posisi kunci.

Perusahaan juga semakin mengandalkan teknologi dan platform rekrutmen online untuk menemukan bakat dari luar. Menurut survei LinkedIn, 95% pemimpin talent acquisition mengatakan bahwa teknologi telah membantu mereka merekrut karyawan yang lebih berkualitas.

Meningkatkan Efisiensi dan Objektivitas Perekrutan Karyawan dengan Teknologi

Dalam era digital ini, teknologi dan data telah menjadi hal yang sangat penting untuk membantu perusahaan mencapai tujuannya. Oleh karena itu, perusahaan yang ingin tetap bersaing dan sukses di masa depan harus mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan pendekatan mereka dalam perekrutan karyawan.

Dengan menggunakan teknologi dalam proses perekrutan, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dalam penerimaan karyawan dan mengurangi bias. Perusahaan dapat menggunakan aplikasi untuk mengelola pendaftaran dan CV kandidat serta untuk menilai kualitas karyawan dengan lebih objektif. Dengan melakukan ini, perusahaan dapat membuat keputusan perekrutan yang lebih cerdas yang mengarah pada hasil bisnis yang lebih baik. Sehingga, perusahaan dapat meningkatkan kesuksesan untuk jangka panjang.

Download Report
Dapatkan informasi ekslusive berdasarkan data analisis yang lebih detail untuk kebutuhan HR Anda
Download PDF Article