Data Analytics: Pengertian, Tujuan, dan Penerapannya dalam Manajemen SDM

Apa itu Data Analytics?

Data adalah kumpulan fakta, angka, informasi, atau rekaman yang dapat diukur atau diamati. Data dapat berbentuk berbagai hal, termasuk teks, gambar, suara, angka, atau kombinasi dari semuanya. 

Analytics adalah proses pemahaman, interpretasi, dan penggunaan data untuk mengidentifikasi pola, tren, wawasan, dan informasi yang berharga dalam rangka mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik.

Lalu, apa itu data analytics? Data analytics merupakan suatu ilmu yang mengkaji data mentah untuk membuat kesimpulan tentang informasi. Data analytics merupakan konsep yang penting dalam mengubah data menjadi wawasan berharga untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik. 

Mengapa Data Analytics Penting?

Pada penerapannya, data analytics memiliki banyak proses dan berbagai jenis teknik analisis data. Namun, tujuannya utamanya adalah untuk mendapatkan wawasan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah dan tantangan tertentu. Data analytics dapat mengungkapkan tren dan metrik dari kumpulan data, yang dapat memberikan wawasan yang berharga untuk pengambilan keputusan dan dapat meningkatkan efisiensi keseluruhan bisnis.

Mengimplementasikan data analytics dalam model bisnis berarti perusahaan dapat membantu mengurangi biaya dengan mengidentifikasi cara-cara yang lebih efisien dalam menjalankan bisnis. Perusahaan juga dapat menggunakan data analytics untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Penerapan Data Analytics dalam Manajemen Sumber Daya Manusia

Penerapan Data Analytics dalam Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dapat memberikan manfaat besar dalam pengambilan keputusan berdasarkan data yang relevan. Berikut beberapa contoh penerapan Data Analytics dalam Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM):

1. Rekrutmen dan Seleksi Karyawan:

  • Dapat digunakan untuk mengidentifikasi kandidat berkualitas.
  • Dapat digunakan untuk mengevaluasi kecocokan kandidat dengan perusahaan.
  • Prediksi keberhasilan calon karyawan berdasarkan data historis pekerjaan sebelumnya dan karakteristik personal.

2. Kinerja Karyawan (Employee Performance):

  • Data Analytics dapat digunakan untuk melacak dan menganalisis kinerja karyawan, memberikan feedback dan mengidentifikasi tren kinerja.
  • Membantu dalam pengembangan rencana pelatihan yang sesuai untuk meningkatkan kinerja karyawan.

3. Talent Management:

  • Membantu dalam mengidentifikasi talent internal yang ada di organisasi dan mengelola pengembangan karier serta rencana suksesi.
  • Membantu mengidentifikasi karyawan yang memiliki potensi untuk peran manajemen lebih tinggi.

Baca juga: Apa itu Talent Management?

4. Manajemen Absensi dan Kehadiran:

  • Digunakan untuk memantau kehadiran karyawan, absensi, dan keterlambatan, serta mengidentifikasi tren yang mungkin memerlukan perbaikan.

5. Compensation and Benefit

  • Analisis data gaji dan manfaat dapat membantu dalam menilai kesejahteraan karyawan dan memastikan kompensasi yang adil dan kompetitif.

Penerapan Data Analytics dalam Manajemen SDM memungkinkan pengambilan keputusan berdasarkan data dan analitik, sehingga akan lebih objektif dan tepat. Selain itu, analisis data dapat membantu departemen SDM memprediksi dan mengatasi masalah sebelum menjadi lebih besar, serta mengidentifikasi peluang untuk perbaikan yang berkelanjutan dalam Manajemen Sumber Daya Manusia.

Baca juga: Peran Penting Data & Analytics dalam Talent Management

Download PDF Article

Continue Reading

Hindari subjektifitas saat rekrutmen

Ketahui potensi kandidat Anda dengan baik.
wanita sedang duduk dan melihat handphone