Talent Mapping: Solusi Membangun Succession Planning dalam Perusahaan

Dalam dunia bisnis, posisi suatu jabatan tentu akan mengalami perpindahan dari satu orang ke orang lainnya. Pada saat proses perpindahan, masih banyak ditemukan calon kandidat yang kurang tepat dengan posisi tertentu dikarenakan perencanaan suksesi yang belum matang. Hal ini perlu ditinjau kembali oleh perusahaan serta tim HR untuk mengatasi timbulnya kerugian perusahaan yang dapat menghambat dalam pencapaian tujuan.

Dari isu tersebut, bagaimana perusahaan dapat melakukan perencanaan suksesi yang tepat terutama dalam penentuan calon karyawan untuk menggantikan posisi yang telah  dibutuhkan?

Mulai banyak perusahaan yang familiar dengan metode asesmen online seperti asesmen potensi, asesmen kompetensi dan asesmen kepemimpinan. Metode yang sering digunakan dan efektif di perusahaan dalam proses identifikasi karyawan sebagai talent adalah talent mapping. Talent mapping adalah salah satu tools dari talent management yang efektif untuk melakukan proses identifikasi karyawan sebagai talent yang memiliki high potential-high performer. Selain itu, talent mapping juga memiliki hubungan yang erat dalam perencanaan suksesi perusahaan dimana dapat membantu tim HR untuk mengetahui talent yang tepat untuk mengisi atau menggantikan posisi di perusahaan berdasarkan hasil asesmen online antara lain asesmen potensi, asesmen kompetensi, asesmen kepemimpinan, serta  hasil penilaian kinerja dari talent tersebut.

Penggunaan talent mapping dapat membantu perusahaan dalam perencanaan suksesi sebagai pertimbangan mereka sebelum memilih calon talent yang tepat untuk menggantikan posisi karyawan, termasuk posisi seorang pemimpin atau manajer. Jika talent tersebut telah memenuhi syarat berdasarkan hasil dari talent mapping, maka akan membantu perusahaan untuk melakukan proses pengembangan talent agar menjadi lebih matang dan siap untuk menjadi calon pemimpin dalam perusahaan. Agar dapat mengetahui talent yang tepat untuk menggantikan suatu posisi, perusahaan perlu melakukan assessment dengan kriteria yang matang untuk mengidentifikasi talent agar Tim HR dapat melakukan pengembangan talent secara tepat serta melakukan perencanaan suksesi yang lebih matang.

Menjawab tantangan ini, Talentlytica mengembangkan platform asesmen online yang dapat membantu perusahaan dalam proses identifikasi talent serta identifikasi kesiapan talent menjalankan suatu posisi strategis melalui nine boxes talent mapping. Perusahaan pun juga akan mendapatkan hasil yang akurat sehingga tidak perlu ragu dalam memutuskan suatu keputusan dalam pemilihan calon talent yang tepat melalui asesmen potensi maupun asesmen kompetensi.

Baca juga: Talent Mapping dan Nine Boxes: Tools Talent Management yang Efektif dalam Identifikasi Talent

Download PDF Article

Continue Reading

Hindari subjektifitas saat rekrutmen

Ketahui potensi kandidat Anda dengan baik.
wanita sedang duduk dan melihat handphone