Pentingnya menggunakan Talent Management yang Efektif di Perusahaan

Banyak diantara tim HR dan Pemimpin perusahaan berupaya untuk mengembangkan talent mereka di perusahaan dengan tujuan untuk memaksimal potensi untuk mencapai tujuan perusahaan. Dilansir dari Harvard Business Review, masih banyak perusahaan yang menggunakan pendekatan yang kurang tepat dalam identifikasi dan pengembangan talent termasuk menggunakan pandangan subjektif tanpa ada penambahan evidence data berdasarkan hasil asesmen. Hal ini yang perlu ditinjau kembali oleh pemimpin dan tim HR dalam pengembangan talent yang dimiliki oleh perusahaan.

Mengapa talent management sangat penting di dalam sebuah perusahaan? Apa yang harus dilakukan perusahaan agar talent management yang digunakan menjadi lebih efektif?

Talent management ini berkaitan erat dengan karyawan yang bekerja di perusahaan. Dari karyawan ini lah yang akan membawa keuntungan dalam pencapaian tujuan untuk perusahaan. Tetapi, sebelum karyawan dilibatkan dalam suatu pekerjaan, perlu dilakukan suatu identifikasi terlebih dahulu baik dari segi potensi, kompetensi sampai dengan karakteristik dari karyawan sampai ia bisa disebut sebagai talent. Di dalam perusahaan, karyawan juga merupakan investasi penting untuk keberlanjutan dari perusahaan itu sendiri. Jika dalam proses identifikasi karyawan sebagai talent terjadi kesalahan, maka talent management perusahaan tersebut bisa dikatakan belum cukup efektif, bahkan dapat berdampak pada hasil manajemen SDM yang belum optimal. Beberapa isu yang biasanya terjadi dalam proses identifikasi dan penentuan talent adalah adanya ketidakjelasan dalam pendefinisian talent dalam perusahaan, penilaian yang subjektif dari beberapa pihak manajemen, serta kriteria penilaian yang belum jelas dan terstandar untuk menentukan talent, Dampak yang bisa ditimbulkan adalah program pengembangan yang diberikan menjadi tidak tepat sasaran yang pada akhirnya mengarah pada hilangnya karyawan yang sesungguhnya merupakan high potential-high performer.

Dari isu tersebut, perusahaan sebenarnya bisa mulai melakukan beberapa usaha untuk memperbaiki proses dalam talent management, salah satunya menggunakan berbagai metode asesmen melalui asesmen online seperti asesmen pemimpin dan asesmen psikologi untuk membantu mereka dalam proses identifikasi serta pengembangan talent setelah mengetahui hasil dari asesmen tersebut. Jika proses identifikasi talent serta talent mapping berjalan efektif, maka akan lebih mudah untuk menjalankan talent management yang lebih efektif.

Talentlytica memiliki platform asesmen online yang dapat membantu perusahaan terutama tim HR untuk melakukan proses identifikasi serta pengembangan talent melalui asesmen yang sesuai dengan kebutuhan termasuk nine box dan talent mapping. Perusahaan pun tidak perlu khawatir dengan adanya kemungkinan pelaksanaan assessment yang rumit, proses pengolahan data yang kompleks, dan perolehan insight yang membutuhkan waktu yang lama. Hal ini dikarenakan Talentlytica dapat memberikan evidence sebagai dasar pengambilan keputusan dengan update data yang real-time untuk memonitoring dan mengembangkan solusi sesuai dengan kondisi ter up-to-date secara akurat baik dari hasil berbagai asesmen online, baik asesmen potensi, kompetensi, maupun asesmen lainnya.


Baca juga: Pentingnya memahami karakter individu dan tim untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan

Download PDF Article

Continue Reading

Hindari subjektifitas saat rekrutmen

Ketahui potensi kandidat Anda dengan baik.
wanita sedang duduk dan melihat handphone