Pentingnya memahami karakter individu dan tim untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan

Banyak Pemimpin dan tim HR berupaya meningkatkan produktivitas baik dari tim maupun individu di perusahaan. Hal ini menjadi perhatian utama dikarenakan tingkat produktivitas karyawan akan menentukan apakah perusahaan dapat mencapai tujuan mereka atau tidak.

Terdapat tantangan tersendiri dalam meningkatkan produktivitas karyawan. Menurut Ekrut media, produktivitas karyawan akan meningkat apabila karyawan ditempatkan pada lingkungan kerja yang kondusif, tim yang solid, dan sesuai dengan potensi & kompetensi mereka. Hal ini sulit untuk dilakukan apabila Tim HR dan Organization Development tidak memahami karakter tiap individu dan karakter tiap tim yang saat ini terbentuk.

Perusahaan dapat melakukan berbagai cara untuk meningkatkan produktivitas tim dan karyawan antara lain:

1. Menerapkan gaya komunikasi yang baik

Komunikasi adalah kunci utama yang memberikan kontribusi besar dalam produktivitas tim serta individu. Dalam hal komunikasi ini lah yang membantu tim untuk memahami tanggung jawab dari pekerjaan mereka. Jika terjadi suatu gap dalam sebuah komunikasi, miskomunikasi akan lebih sering muncul dalam lingkungan kerja yang dapat menyebabkan suatu kegagalan dalam menjalankan pekerjaan.

2. Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan tim serta individu

Perlu diketahui bahwa mengetahui kelebihan dan kekurangan sebuah tim dan individu merupakan salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas tim dan individu mulai dari bakat, kemampuan serta mempertahankan fokus mereka dalam pengalokasian kerja. Untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan tim dan individu, Tim HR dapat menggunakan psikotes online agar mereka dapat mengetahui karakter dari tim dan individu itu sendiri.

3. Membuat member tim memiliki rasa “kepemilikan”

Pemimpin perusahaan perlu menumbuhkan rasa “kepemilikan” kepada timnya. Hal ini memberikan makna bahwa karyawan diberikan kepercayaan dalam pengambilan suatu keputusan serta melibatkan mereka dalam suatu pekerjaan.

Berdasarkan 3 poin diatas, kita dapat melihat pentingnya memahami karakter individu dan tim sebagai salah satu indikator kesuksesan pemimpin dalam membangun tim yang solid untuk mencapai tujuan perusahaan. Dalam pencapaian tujuan tersebut, tim HR dapat menggunakan  psikotes online untuk mengetahui karakter individu dan tim secara akurat.

Salah satu alasan lain mengapa pemimpin perlu memahami karakter tim dan karyawan ialah agar dapat menempatkan karyawan di lingkungan yang tepat berdasarkan potensi mereka. Hal ini akan membentuk suatu kerjasama tim yang baik serta meningkatkan performa kerja baik dari tim maupun karyawan itu sendiri di perusahaan. Salah satu cara untuk memahami karakter dari tim dan karyawan ialah dengan melakukan assessment psikologi termasuk assessment pemimpin melalui psikotes online untuk mengidentifikasi karakter pemimpin, karyawan, serta tim yang telah terbentuk.

Kami memahami untuk mempermudah kinerja Tim HR dalam memahami karakter suatu tim dan melihat kecocokan kandidat tidak hanya kepada user, tetapi juga kecocokan kandidat jika ditempatkan dalam satu tim tertentu membutuhkan suatu assessment tools yang cepat dan akurat. Talentlytica memberikan jawaban dalam tantangan ini tidak hanya dengan menyediakan platform psikotes online, tetapi juga mengembangkan Team Profile untuk membantu HR dalam mengembangkan talent melalui assessment psikologi. Team Profile juga mampu membantu Tim HR dalam melakukan assessment pemimpin dengan tujuan untuk succession planning dengan memberikan evidence terkait bagaimana talent bekerja di dalam tim.

Team Profile memiliki beberapa keuntungan untuk perusahaan antara lain:

1. Mengetahui kelebihan dan potensi konflik yang mungkin terjadi dari sebuah tim

2. Mendapat rekomendasi saran untuk pengembangan aksi secara praktikal

3. Mengetahui gaya komunikasi yang efektif untuk setiap anggota tim

4. Adanya gambaran kecocokan dalam hubungan kerja antara leader dengan anggota tim dan antar anggota tim itu sendiri

Dengan menggunakan Team Profile, perusahaan akan lebih mudah dalam memahami karakter tim dan karyawan melalui hasil assessment psikologi serta assessment pemimpin dari psikotes online dalam bentuk report komprehensif.

Baca juga: Pentingnya Melakukan Diagnosa Organisasi untuk Menjaga Stabilitas Perusahaan

Download PDF Article

Continue Reading

Hindari subjektifitas saat rekrutmen

Ketahui potensi kandidat Anda dengan baik.
wanita sedang duduk dan melihat handphone