Pentingnya Melakukan Diagnosa Organisasi untuk Menjaga Stabilitas Perusahaan

Sebuah organisasi tidak akan bisa berjalan dan berkembang dengan baik tanpa adanya “penyokong” dari dalam yaitu karyawan. Terkadang hal ini terlihat biasa, namun karyawan memiliki peran yang besar demi keberlangsungan organisasi. Untuk memastikan organisasi dapat berjalan dengan baik, perlu dilakukan diagnosa untuk melihat seberapa sehat lingkungan kerja karyawan.

Dilansir dari Harvard Business Review (2022), sebelum merubah cara komunikasi dan kerja dari setiap karyawan dalam sebuah organisasi, diperlukan adanya pandangan yang jelas terhadap fungsi dari mereka sebagai tim. Semenjak Pandemi Covid-19, sebagian besar organisasi masih menerapkan sistem online atau hybrid untuk melakukan pekerjaan sehingga diperlukan sebuah komunikasi yang baik antar individu.

Organisasi dapat didefinisikan sebagai lebih dari satu orang yang berada dalam satu lingkup dan memiliki satu tujuan yang akan dicapai bersama dengan anggota dari lingkup tersebut.

Dilansir dari Accurate, individu dapat memperoleh berbagai manfaat dari organisasi yang sehat, antara lain:

  1. Meningkatkan kemampuan dalam berorganisasi
  2. Dapat mencapai tujuan
  3. Menjadi motivasi dalam membangkitkan jiwa pemimpin
  4. Mampu memecahkan masalah yang ada
  5. Memperluas wawasan yang dimiliki
  6. Memperluas pergaulan dan mengatur waktu
  7. Memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi
  8. Memiliki mental yang kuat pada saat menghadapi tekanan

Jadi, bagaimana cara melakukan diagnosa demi menjaga keberlangsungan suatu organisasi?

Dilansir dari Thpanorama, diagnosa organisasi merupakan cara yang efektif untuk melihat kesenjangan antar kinerja saat ini dan yang diinginkan serta bagaimana cara mencapai tujuannya. Selain itu, jika sebuah pemimpin organisasi tidak mempercayai kinerja dari setiap individu, sebagai gantinya mereka merasa kurang termotivasi, ragu dan menganggap pekerjaan mereka hanyalah sebuah “permainan”. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan assesment psikologi sebagai langkah awal untuk mencegah masalah yang dapat ditimbulkan dari sebuah organisasi terutama komunikasi.

Assessment psikologi merupakan tools yang berguna dalam melakukan penilaian untuk mengetahui karakter individu, sekaligus mengetaui karakter tim dan organisasi itu sendiri. Assessment psikologi ini juga dibutuhkan dalam mengukur potensi dan kompetensi karyawan untuk melihat tingkat kecocokan karyawan terhadap pekerjaan mereka.

Talentlytica memiliki berbagai assessment tools yang dapat mendiagnosa tidak hanya individu, tetapi juga mendiagnosa karakter tim. Assessment ini adalah Talentlytica Online Psychotest (PERSONA) dan Team Profile.

Talentlytica Online Psychotest (Persona) merupakan assessment psikologi untuk mengukur potensi dari setiap individu baik dari aspek kepribadian maupun cara kerja. Sedangkan Team Profile merupakan assessment tools yang memungkinkan kita melihat karakter dari sebuah tim, serta melihat kecocokan karakter kerja dari seorang karyawan terhadap tim.

Pengukuran terhadap karakter individu dan tim harus didasari dengan penelitian dan pengembangan alat ukur yang valid dan reliabel. Talentlytica sebagai perusahaan penyedia jasa platform assessment online dan konsultasi predictive-analytics telah mengembangkan berbagai alat ukur psikologi yang dapat membantu praktisi HR mengukur aspek-aspek psikologis kandidat sesuai kebutuhan organisasi.

Baca juga: Pentingnya Psikotes Online dalam Memprediksi Pemimpin Masa Depan untuk Menjaga Stabilitas Bisnis Perusahaan

Download PDF Article

Continue Reading

Hindari subjektifitas saat rekrutmen

Ketahui potensi kandidat Anda dengan baik.
wanita sedang duduk dan melihat handphone